Senin, 09 Desember 2019

Pelatihan Tata Rias Kecantikan ( Make Up ) di BLK Padang

Hai semua.



Foto dengan Instruktur dan semua peserta pelatihan -yang telah menjadi teman saya selama 2 bulan.



Saya balik lagi dengan cerita mengenai pelatihan yang dibiyai pemerintah Indonesia melalui Kemnaker, Pelatihan Kerja BLK.

Nah sebelumnya, saya udah berbagi mengenai bagaimana ujian masuk di BLK,
informasi saya sebelumnya yang mengikuti ujian hanya 30 orang kira-kira, namun ternyata data tersebut kurang akurat. Yang ikut ujian bahkan lebih banyak dari itu dan akhirnya saya ketahui setelah saya lulus dan mulai belajar.

Nah, setelah dinyatakan lulus maka saya melakukan daftar ulang yang dilakukan pada tanggal tertentu, waktu itu tidak ada informasi yang jelas dari sosial media BLK yaitu IG dan FB mengenai syarat daftar ulang, jadi saya hanya membawa kartu ujian beserta KTP. Namun satelah sampai di kantor BLK untuk melakukan pendaftaran ternyata ada beberapa syarat seperti fotokopi ijazah terakhir \, foto dengan latar belakang tertentu, serta surat pernyataan dan form pendaftaran yang harus diisi serta diberi materai 6000.

Dengan sedikit berat hati akhirnya saya pulang kembali mengambil semua data yang dibutuhkan. Sebelumnya, karna berangkat dari rumah pada pagi hari, berharap dapat menyelesaikan semua proses pendaftaran dan pulang siang hari ternyata tidak dapat terlaksana. Saya harus bolak-balik untuk mencuci foto, pulang kerumah, foto kopi dan balik kantor BLK lagi hingga sore. Tapi akhirnya selesai juga sore itu. Dan saya hanya tinggal menuggu hari pembukaan.

Pembukaan dan Pembeajaran dimulai

Setelah pembukaan pelatihan dari kepala BLK dan pejabat berwenang kami langsung mulai pelatihan pada siang harinya.
Pelatihan tersebut dimulai dengan softskill selama 5 hari dan dilanjutkan dengan pelatihan di jurusan masing-masing selama masa yang ditentukan. Untuk rusan saya adalah selama 30 hari pertemua atau 240 Jam Pelajaran.


Pelatihan dan Pembinaan Sikap dan Mental

Untuk pelatihan ini, kita akan dilatih oleh anggota tni dan polri setiap pagi dari jam 6.50 - 8.30 pagi, sebelum kelas pelatihan dimasing-masing workshop berlangsung. Ini dilakukan setiap pagi dengan agenda yang telah tersusun rapi, seperti PBB, olahraga dll.


Pelatihan di Workshop

Workshop kami.

Untuk jurusan yang saya Pilih, yaitu Tata Rias kecantikan, kami belajar make up dari dasar sekali. Bukan hanya langsung bisa, namun benar-benar dari dasar bagaiamna mengoreksi wajah, bentuk bibir, alis dan lain-lain.
selain itu setiap hari saya selalu ingat mendapatkan tugas menggambar alis di kertas HVS. tugas tersebut tidak akan berhanti sampai kita membuat gambar yang sesuai dengan yang diinginkan instruksur. Saya mengerjakan total sebanyak 12 lembar tugas menggambar alis hingga akhirnya tangan saya mempu memnggambar alis yang sesuai dengan keinginan instruktur kami. Selain saya bahkan ada yang harus menggambar lebih banyak, hingga 24 lembar lebih.

Namun semua itu demi kebaikan diri sendiri juga. agar dapat mengerjakan riasan dengan baik.

Selama pelatihan kami diberikan ilmu dasar yang bermanfaat serta mendapatkan fasilitas yang baik dari penyelenggara pelatihan. Selain itu, kami juga mendapatkan sertifikat kompetensi dari BNSP yang menyatakan kami kompeten dalam bidang Tata Rias. Sertifikat ini resmi dari BNSP dan berlambang Burung Garuda Ema dan berlaku untuk 2 tahun. Jika ingin kembali memperbaharui sertifikasi tersebut dapat kembali meminta bantuan BLK setempat.

 Hasil Make up saya saat ujian untuk mendapatkan sertifikat.

Sekian dulu pengalaman saya, jika ada yang ingin ditanyakan dapat langsung ditanyakan di kolom komentar saja ya. Terima kasih.



Tidak ada komentar:

Ternyata

Aku mungkin memang tak se pintar mereka, Aku memang tak mengerti bahwa kau penuh kebohongan, Aku memang se-naif itu menafsirkan sem...